karena dalam gelap, ada setitik cahaya

Senin, 15 Februari 2016

Apa itu Astronomi?

Diposting oleh Anonim , 1 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Astronomi

Halo sobat angkasa. Postingan kedua kali ini saya ingin membahas apa itu astronomi? dan mengapa saya mengaguminya? Secara sederhana, saya mengartikan astronomi sebagai ilmu yang mempelajari tentang objek-objek yang ada di langit. Jika penjelasan itu masih kurang maka sebagai tambahan saya kutip jawaban dari Wikipedia.

Astronomi adalah cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit (seperti halnya bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB)). Ilmu ini secara pokok mempelajari pelbagai sisi dari benda-benda langit — seperti asal-usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak — dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.
Mengapa saya begitu mengagumi astronomi? Semuanya berawal sejak saya masih kecil, entah mengapa saya begitu senang memandang langit malam yang bertabur bintang. Belum lagi beberapa tayangan tv tentang keindahan luar angkasa, bintang, planet bercincin, komet dan sedikit cerita terkait alien yang membuat rasa penasaran saya tumbuh dengan sendirinya. (Baca: Yuk berkenalan dengan Astronomi)


Mengapa harus tertarik pada astronomi?

Gugusan bintang
Gugusan Bintang

Saya harap pertanyaan ini akan muncul pada diri pembaca karena saya ingin agar pembaca/pengunjung blog ini dapat tertular juga untuk mempelajari astronomi. Lalu jika pertanyaan mengapa itu muncul, jawabannya adalah "karena langit itu indah". Langit tak hanya tentang kegelapan malam yang berhias bintang ataupun rembulan. Ada banyak keindahan disana. Ada planet yang berwarna-warni berhias cincin, ada planet raksasa yang memiliki lebih dari 60 bulan (bumi hanya punya 1 bulan loh), ada gugusan bintang yang seperti kumpulan permata, ada nebula yang tampak seperti aurora, ada komet dengan ekor indah yang memanjang jutaan kilometer, dan masih banyak keindahan lainnya yang sulit untuk tergambar.

Hambatan yang paling sering saya dengar saat bertanya tentang astronomi pada orang-orang adalah anggapan yang mengatakan bahwa astronomi itu mahal karena harus punya teleskop. Anggapan ini tak sepenuhnya benar karena masih banyak objek astronomi yang bisa dinikmati tanpa teleskop, contohnya hujan meteor, gerhana bulan ataupun bulan purnama. Jika memang ingin memiliki teleskop, kita pun bisa membuatnya sendiri dengan biaya minim dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas.

Jadi tunggu apalagi, mari sama-sama belajar astronomi bersama Kunang-kunang Langit. Jangan pernah takut dengan kegelapan malam karena diantara gelap itu, ada jutaan bahkan milyaran permata indah yang menanti untuk dinikmati. Jangan lupa untuk ikuti Kunang-kunang Langit di Facebook yah dengan klik "Suka" dan "Bagikan" pada halaman berikut: Kunang-kunang Langit. Makasih ^_^

Sumber gambar:
Astronomi : merdeka.com
Gugusan bintang: Wikipedia.org

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

1 komentar:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar


 

Kunang-Kunang Langit © 2009 - 2015.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+